Welcome to my blog, hope you enjoy reading :)
RSS

Kamis, 08 Oktober 2009

Ringkasan Bab Mind Management " Menata Pikiran Mengolah Jiwa"

Mind Management, bagaimana kita me-manage pikiran kita. Dalam buku Life Excellent menuju hidup yang lebih baik menjelaskan bahwa penulis terinspirasi oleh sebuah hadist yang mengatakan bahwa Allah mengikuti sangkaan seorang hamba terhadap-Nya. Jadi ketika kita berfikir positif, maka itulah yang akan Allah kirimkan kepada kita. Ketika seseorang menganggap dirinya berhasil, menganggap dirinya gagal, mengganggap dirinya kecewa, atau menganggap dirinya dirinya susah, maka Tuhan akan mengirimkan pikiran itu kepada dirinya. If you think you can, you can. If you can not, you can not. Jika Anda berfikir bisa, Anda pasti bisa. Tapi kalau Anda berfikir tidak bisa maka Anda tidak bisa.
Didalam kehidupan, kita pernah mengalami apa yang disebut sebagai 4L: Letih, Lesu, Loyo, Lemah. Bukan hanya sekedar pikiran, bukan sekedar batin tapi juga secara fisik. Tapi, kenapa didalm diri ini ada yang namanya 4L tadi. Kenapa itu masuk ke dalam diri kita? menyerang kehidupan kita? bahkan tidak hanya terjadi secara individu tetapi secara conteks masyarakat pun terjadi. Ada ketidaksemangatan dalam hidup. Kenapa kita menjadi tidak punya kekuatan dalam hidup ini. Why do become powerless. Sebenarnya kita punya power, tapi kenapa kita tidak punya kekuatan untuk menyelesaikan persoalan-persoalan kita? Mengapa itu terjadi? karena kita tidak punya kekuatan. Nah, darimana kekuatan yang berkurang itu muncul dalam kehidupan kita? dan apa hambatan yang dialami oleh seseorang sehingga dirinya menjadi powerless? Ada 4 penyebab munculnya powerless. 2 yang berasal dari dalam diri atau faktor intern yaitu bad self image dan bad experience. Sedangkan 2 lainnya berasal dari faktor external yaitu bad partner dan bad environment.Bagaimana cara untuk mengatasi masalah tersebut? Didalam surat Ali Imran ayat 191 dimana Allah berfirman " Orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadaan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi seraya berkata, 'Ya Tuhan Kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia.Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka". Kunci dari ayat ini menjelaskan bahwa setiap manusia yang diciptakan oleh Tuhan baik secara makro ataupun mikro, itu semua dalam keadaan positive thinking. Dan menjadi negatif kalau Anda tidak memiliki sudut pandang yang tepatdi dalam kehidupan ini. Dalam mind management mungkin dibenak kita terpikir hanya masalah pikiran saja, namun tidak demikian adanya. Ada 3 komponen sangat penting dalam kehidupan manusia dalam kehidupan pribadi seseorang. Pertama apa yang disebut dengan Thinking Process atau proses berfikir.Kedua yaitu Feeling Process, proses perasaan. Dan yang ketiga adalah Action Process atau proses tindakan.
1.Thinking Proses
Dalam proses berpikir tidak hanya satu arah saja, tetapi berfikir secara 3 dimensi. Maksudnya yaitu bagaimana kita berfikir secara vertikal, longitudinal dan lateral.
2.Feeling Process
Komponen yang kedua di dalam tubuh manusia tidak hanya proses berfikir, tetapi juga ada proses merasakan. Ada feeling, ada perasaan bahkan lebih tajam dari pikiran yang disebut dengan intuisi. Intuisi ini adlah sesuatu yang spontanitas, tidak pernah Anda pikirkan sebelumnya.Yang dibutuhkan dalam proses perasaan yaitu honesty (kejujuran), Empaty, dan Sincerity ( tulus,ikhlas)
3.Action Process
Ada tiga hal yang menyangkut dengan action process. Yang pertama adalah membiasakan diri untuk melatih pernapasan kita. Itu satu hal yang sangat biasa dan sederhana., tapi kadang-kadang kita kurang perhatian terhadap masalah ini. Karena yang membuat kita segar, yang membuuat kita energik adalah pasokan oksigen. Ketika anda melakukan pernapasan secara tidak benar, maka anda kan mengalami kondisi 4L.Kemudian yang kedua yaitu membiasakan diri untuk berjalan lebih cepat dari biasanya. Yang terakhir adalah 'Take a First Rapid Step' selalu berusaha mengambil langkah pertama dan segera. Untuk hal-hal yang sifatnya kebaikan jangan pernah berfikir seribu kali, langsung ambil keputusan. Berlomba-lombalah kita di dalam berbuat kebaikan.

Sumber : Reza M. Syarief, Life Excellent (menuju hidup lebih baik).2006

Tidak ada komentar:

Posting Komentar